Minggu, 21 Oktober 2012

Manfaat belajar matematika

Manfaat belajar matematika
Pada umumnya, belajar matematika identik dengan menghapal rumus, menghitung, dan mengerjakan soal-soal. Seolah-olah matematika hanya teori. Matematika belum dipandang sebagai pelajaran yang bermanfaat.
Hal ini dapat dimaklumi, karena sebagian besar buku teks yang beredar kurang menekankan pada hal tersebut. Sebaiknya, buku teks tersebut mengandung aplikasi dari materi yang sedang dipelajari. Berikut ini diberikan beberapa contoh aplikasi yang dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
+ Menentukan tinggi pohon dengan prinsip materi kesebangunan.
Thales, matematikawan terkenal dan Yunani menunjukkan cara mengukur tinggi suatu benda menggunakan prinsip kesebangunan.
Contohnya, untuk menghitung tinggi pohon dilakukan dengan cara sebagai berikut. Tempatkan sebuah tongkat yang panjangnya diketahui (misalnya 1 m) di ujung bayangan pohon. Kemudian hitung panjang bayangan tongkat dan panjang bayangan pohon. Misalnya, panjang bayangan tongkat 2 m, dan bayangan pohon 20 m. Pada ilustrasi gambar terlihat kedua segitiga tersebut adalah sebangun.
Dengan prinsip kesebangunan, diperoleh persamaan:
X/20 = 1/2 maka, X = 1/2 x 20 =10.
Jadi, tinggi pohon kira-kira 10 m.
Dengan contoh-contoh aplikasi tersebut diharapkan siswa dapat mengaplikasikan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi, matematika bukan hanya teori, tetapi bermakna dalam kehidupan nyata siswa.
---------------------
10 tip andalan untuk belajar Belajar Bahasa Inggris
1. Nonton film dengan Bahasa Inggris dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris saja.
2. Gunakan Internet untuk berbicara dengan dan mencari teman dari negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris.
3. Baca koran-koran dan majalah-majalah yang menggunakan Bahasa Inggris. Ada ratusan koran dan majalah Bahasa Inggris yang bisa kamu baca dari Internet.
4. Coba berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan anggota keluarga dan teman-teman setiap hari. Semakin rajin kamu berlatih, semakin percaya diri kamu dalam menggunakannya.
5. Buat catatan khusus untuk kata-kata yang baru kamu pelajari.Ini cara yang baik sekali untuk menambah perbendaharaan kata.
6. Kenapa tidak buat blog kamu sendiri dalam Bahasa Inggris?
7. Ikuti siaran berita dari BBC World atau CNN secara rutin, COBA PAHAMI inti beritanya.
8. Coba untuk berlatih dengan penutur asli yang bisa kamu jumpai disekitar kamu. Pusat-pusat perbelanjaan dan tempat pariwisata adalah tempat yang paling ideal untuk bertemu orang asing.
9. Kunjungi situs-situs belajar Bahasa Inggris yang ada di Internet-kamu dapat melakukan beberapa latihan dan tes gratis. (click disini untuk link)
10. Datang dan belajarlah ditempat-tampat pembelajaran B. Inggris (Kursus).

By: Sany siti rohilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar