Minggu, 21 Oktober 2012

Gravitasi

17/09/2011

Pekan ini kelas XI IA akan mulai memasuki pembahasan tentang gravitasi yang dimulai dengan :
  • Asal-usul atau latar belakang penelitian serta diskusi tentang gravitasi, hukum gaya tarik sampai dengan keteraturan tata surya.
  • Menentukan percepatan gravitasi benda-benda langit anggota tata surya atau planet hingga ketinggian tertentu dari pusat massanya.
  • Menentukan periode orbital dan jarak orbital sebagaimana Hukum 3 Kepler yang diturunkan dari Hukum Gravitasi Universal dengan Gaya Sentripetal Newton.
  • Membahas mengenai kecepatan lepas dari permukaan bumi menggunakan teorema Newton tentang kecepatan orbital.
Sebagai latihan kita akan menggunakan kalkulator saintifik yang banyak beredar serta mempelajari masing-masing fungsi tombolnya yang sesuai dengan pokok pelajaran Gravitasi.
Berikut adalah latihan soal-soal untuk menambah keterangan dari pokok bahasan ini :
  1. Tentukan percepatan gravitasi bumi yang memiliki massa 5,98 x 1024 kg dan jari-jari 6370 kilometer. Nyatakan dalam m/s2.
  2. Tentukan percepatan gravitasi bulan yang bermassa 7,36 x 1022 kg serta jari-jarinya 1678 kilometer.
  3. Berapakah percepatan gravitasi dan berat benda yang bermassa 20 kg pada ketinggian 200 km di atas permukaan bumi. Percepatan gravitasi di permukaan bumi sebesar 9,81 m/s2.
  4. Hitung periode orbit bulan yang mengorbit Bumi dengan jari-jari 384.000 kilometer.
  5. Tentukan jarak orbit Bumi terhadap Matahari yang memiliki massa 1,99 x 1030 kilogram dan berevolusi selama 365,25 hari terhadap matahari
Berikut adalah simulasi dari Universitas Colorado sebagai latihan dan menambah pemahaman anda tentang pelajaran saya ini :
Cara memainkan simulasi ini tinggal klik kemudian anda akan terhubung dengan pusat animasi di Phet Colorado University, selamat mencoba.
Gaya Gravitasi Universal :
Gravitasi dan Orbit Benda Angkasa :
Permainan mendaratkan modul di Bulan :
Tata Surya kita :

My Solar System                                                                By: Ina karlina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar